Cara Install ulang Windows 7 Ultimate pada laptop Dell Inspiron N 4110

Mengintall ulang Komputer dan Laptop bagi sebagian orang yang sudah mengerti merupakan hal yang mudah untuk dilakukan, namun bagi orang-orang yang belum mengerti menjadi hal yang sulit dikerjakan sehingga membutuhkan sedikit tutorial untuk melakukan install ulang. Untuk mengintall ulang sebuah laptop atau pun Komputer sebenarnya tidak harus memiliki skill yang mumpuni dan memahami segala aspek dan spesifikasi tentang perangkat keras yang ada dalam sebuah komputer dan laptop tersebut,  akan tetapi yang paling penting adalah keberanian untuk mencobanya walaupun di endingnya kurang menguntungkan, tapi dikarenakan keberanian dan semnagat akan ingin belajar pasti suatu saat sobat juga akan bisa melakukannya, karena pengalaman saya sendiri juga demikian.

Bagi sobat yang ingin belajar bagaimana cara mengintall laptop sendiri boleh dicoba dengan mempertimbangkan segala resiko yang ditimbulkan, bila proses intall ulang gagal atau salah dalam memilih partisi saat ingin mengintall ulang windows pada hard disk. harus kita ketahui satu hal bahwa, semua kegiatan pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari tidak lepas dari resiko yang ditimbulkannya, jadi bagi sobat yang ingin mencoba maka harus teliti dan hati-hati. 

Backup semua data yang penting, kemudian Rename semua nama Partisi HDD sobat agar mudah di ingat saat masuk pada tahap memilih partisi nantinya, biar tidak kecolongan dalam memformatnya, jika sobat salah dalam memformatnya maka semua data akan lenyap dan tidak dapat di Recovery kembali.

Berikut ini saya akan menjelaskan sedikit tentang bagaimana cara intall ulang windows 7 pada laptop merek Dell Inspiron N 4110. oke langsung saja kita ke TKP.

  1. Sediakan windows 7 yang sudah di burning kedalam CD/DVD, (kalau Laptop sobat Model Netbook maka sediakan CD ROOM exsternal atau menggunakan Media lain seperti Flashdisk yang kapasitas nya 4 GB minimal)
  2. Hidupkan laptop/Pc sobat dan tancapkan CD windows 7 yang sudah kita sediakan tadi.
  3. Kemudian restar kembali laptop Dell sobat (CD windows jangan dicabut)
  4. Disaat laptop sedang menyala maka tekan F2 untuk masuk ke sistem BIOS  maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.
  5. Selanjutnya pilih item Boot dengan cara menggunakan tada panah yang terdapat pada keyboard sobat.
  6. Setelah Memilih item Boot pada Bios pada akan terlihat semua divice yang ada pada laptop sobat, jika sobat menggunakan CD Room intenal maka naikkan value dengan menekan tombol ( + ) dan untuk menurunkan Value atau urutan Device sobat yang terlihat pada Bios makan tekan tombol ( - ) pada Keyboard sobat masing-masing, lebih jelasnya bisa sobat liat pada gambar dibawah ini
  7. Karena saya menggunakan media CD/DVD room laptop maka, value CD/DVD/CD-RW Drive nya saya naikkan tepat dibawah  tulisan + Hard Drive seperti yang terlihat pada gambar dibawah.
  8. Selanjutnya adalah tekan F10 untuk menyimpan semua settingan kita yang diatas tadi, dengan menekan tombol F10 yang ada pada keyboard sobat, secara automatis laptop akan terestar dengan sendirinya. maka berakhirlah proses settingan Biosnya baru kita lanjut ke Proses Instal Ulang windowsnya.
  9. Setelah laptop terestar maka secara otomatis masuk akan terbaca CD windows 7 yang kita tancapkan pada tahap pertama yang saya jelaskan dan proses Loading windows akan berjalan.
  10. Pilih "Install now"
  11. Kemudian ikuti langkah yang tampil pada layar komputer sobat tinggal pilih "Next" saja
  12. Sampai pada tahap memilih partisi saya harap sobat tidak kecolongan dalam memformatnya, bagusnya sebelum proses intall ulang terjadi sobat renam nama "Partisi" masing-masing
  13. Tahap selanjutnya Klick di partisi mana yang ingin kita instal windows 7 nya lalu pilih "Format" (harap teliti pada langkah ini)
  14. Tunggu sampai Proses Format Partisi Hardisk selesai lalu klick "Next" maka proses windows 7 pada laptop Dell sobat pun akan berjalan seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
  15. Menunggu sampai proses instaling windoswnya siap, sobat bisa ngopi-ngopi sambil menunggu.
  16. Setelah siap Proses Install windows maka laptop akan terestar sendiri langkah akhirnya adalah tingal setting Nama PC terus tanggal dan seterusnya suka-suka2 sobat saja, sesuai dengan kemauan sendiri.
Begitulah kira-kira Proses install ulang windows 7 pada Laptop merek Dell type N4110 semoga bermanfaat bagi sobat semua, semua langkah diatas sesuai dengan pengalam saya pribadi, jika sobat kurang mengerti boleh ditanyakan langsung via colom komentar yang tersedia. sekian terimakasih.

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Cara Install ulang Windows 7 Ultimate pada laptop Dell Inspiron N 4110 "

Unknown said...

Kalau menggunakan device dari hp bisa nggak . Terinstal windows 7nya

Greas Lon said...

memory card hp maksud nya ya bro..? kita pakai memory card untuk install windows bisa,, tahapan bootingnya sma seperti flash diks,,

widi said...

Brarti setelah Hard drive baru flashdis atau cd yha bang