Solusi Hard disk Lambat, lemot, Bad Sector, Susah Untuk mengakses Data, tidak bisa diformat



salam buat sobat semua,,,

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips tentang pengalaman pribadi saya tentang cara mengatasi Hard disk Lambat, lemot, Bad Sector dan Susah untuk mengakses Data, bahkan tidak bisa difomat secara manual melalui windows jadi begini ceritanya, kemarin saya memiliki hard disk eksternal merek Toshiba kapasitas 320 GB yang sudah lama tidak terpakai sekitar hampir setahun karna alasan lamban untuk mengakses data, jadi pas kemaren jumpa sama temen lama (teknisi komputer) jadi kami berbincang panjang lebar tentang cara mengatasi HDD yang disebabkan oleh Bad Sector terus cara mengatasi HDD yang sama sekali tidak dapat mengakses data apalagi melakukan Format secara Manual, terus dia ngasih solusinya, dia menyarankan untuk menggunakan HDD LLF Low Level Format Tool, karna sebelumnya saya sudah menyerah dan sudah banyak mecoba dengan cara yang lain tapi nihil, Jadi,, dengan penasarannya saya mencobanya, saya donwload software di http://hddguru.com/software/HDD-LLF-Low-Level-Format-Tool/. kemudian saya instal seperti biasa. perlu sobat ingat, (untuk menggunakan tool yang satu ini, baiknya semua data sudah sobat BACK UP  atau sudah sobat pindahkan ke Hardisk yang lain). kemudian saya jalankan tool nya terus tampil seperti gambar dibawah ini:
kemudian Pilih "continue for free", karna saya pada waktu itu tidak membeli key lisensinya yang harganya sekita $ 3.30 USD. 
setelah sobat pilih "continue for free" maka akan tampil seperti gambar dibawah ini lalu pilih HDD sobat yang bermasalah tidak bisa di format, lambat, bad sector atau apalah namanya,

kemudian akan tampil HDD sobat apakah dalam bentuk SATA  ataupun ATA, lalu pilih "continue" maka akan tampil seperti gambar dibawah ini, kemudian sobat pilih "Low Level Format" Seperti pada gambar dibawah ini.

pada tahap selanjutnya , setelah sobat pilih Low Level Format maka sobat akan melihat tampilan seperti dibawah ini dengan menampilkan kata2 peringatan, jika kita melakukan Low Level Format maka semua data yang ada di hardisk tersebut akan hilang dan tidaka dapat merecovery kembali. (saran saya back up semua data)

selanjutnya sobat harus menunggu berjam-jam untuk proses format nya selesai 100 %, sebenarnya, lama atau tidaknya proses format hardisknya semua tergantung besar kecil ukuran HDD sobat, saya kemaren harus menunggu 5 jam lebih untuk kasitas 320 GB, krn kondisi HDD eksternal saya parah karena Bad sector jadi proses formatnya pun lama. tapi al-hamdulillah berhasil, dan saya bisa menyimpan data kembali, walaupun tidak seperti hardisk yang baru, tapi kinerjanya maksimal setelah saya format dengan HDD LLF Low Level Format Tool.

note: 
  • saat melakukan format pastikan Laptop sobat Baterainya Full, dan sobat jaga jangan sampai laptop sobat mati, karena bisa berakibat fatal bagi HDD yang sedang di format ulang.
  • sobat harus menggunakan Komputer ataupun laptop yang normal, artinya kalau kita punya HDD yang masih tertancap di komputer/laptop kita harus mencabutnya dulu untuk dijadikan HDD eksternal. 
  • yang terpenting adalah "arus listriknya jangan sampai padam" hehehe.
  • kalau sobat punya hardisk yang rusak baiknya jangan dibuang dulu siapa tau masih bisa di perbaiki.
semua langkah diatas saya tlis sesuai dengan pengalaman pribadi saya, jika terjadi kegagalan maka ada kerusakan fisik pada hardiks sobat, baik itu tergores piring cakramnya, atau HDD sobat pernah terbentur sebelumnya. 
semoga bermanfaat bagi sobat,,

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Solusi Hard disk Lambat, lemot, Bad Sector, Susah Untuk mengakses Data, tidak bisa diformat"

Greas Lon said...

sama2, terimakasih sudah mampir

Unknown said...

makasih min.... ini sangat membantu sekali

Unknown said...

Ini aplikasinya untuk mengatasi HD external yang lemot bisa gak gan

Greas Lon said...

untuk HDD exsternal juga bisa ngan,, krn yg udah saya intern dan extern,,,
makasi sudah mampir ngan..!