Cara upload Tugas Akhir, LKP, Skripsi dan Tesis Ke Portal ETD (Pustaka Online) unsyiah



Salam buat sobat semua... pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana sich cara upload Cara upload Tugas Akhir, LKP, Skripsi Tesis Ke Portal ETD (Pustaka Online) Unsyiah?. memang sebaian dari mahasiswa (i) masih banyak yang bingung tentang tata cara upload Tugas akhir yang merupakan salah satu syarat untuk bisa mengikuti Yudisium dan Wisuda. kebanyakan dari mahasiswanya tidak tau tentang tutorial upload Tugas akhir keportal online unsyiah, karena pihak pustaka hanya mengeluarkan selembaran kertas yang berisi web site Pustaka unsyiah/ETD. sebenarnya gak ribet, yang ribet cuma ngedit ISI dari tugas akhir kalau upload gampang bagi yang tau langkah2 nya....
untuk nge-upload Tugas akhir LKP, Skripsi Tesis dan Disertasi Ke Portal ETD (Pustaka Online) unsyiah ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan, yaitu :
  • Tugas Akhir, LKP, Skripsi, Tesis Disertasi Sudah disetujui oleh Dosbing anda, dan pastikan  Lembar pengesahan dan Persetujuan sudah ditandatangan dan lengkap Stempel-nya
  • Pastikan Tugas Akhir, LKP, Skripsi dan Tesis sobat sudah lengkap susunannya mulai dari Cover hingga Biodata, 
  • scan lembar pengesahan dan persetujuan anda dan lampiran pendukunng dari Tugas Akhir (Jikalau sobat tidak memiliki file dalam bentuk soft copy)
  • sobat harus memiliki surat pernyataan Publikasi (embargo) yang dikeluarkan oleh Pihak pustaka, sobat bisa mendonwload-nya lansung di Portal ETD unsyiah (http://etd.unsyiah.ac.id/registrasi.php)
  • saat sobat sudah mendapatkan Surat pernyataan jangan lupa bubuhkan tanda tangan pembimbing dan tanda tangan Kajur Sobat + Stempel di Jurusan masing2
  • langkah  selanjutnya, scan surat embargo sobat. (jangan lupa stempelnya)

Tahap Convert File Skripsi (Word to PDF)
Jika langkah diatas sudah selesai sobat kerjakan,, saatnya kita masuk tahap ke dua, pada tahap ini sobat harus menyiapkan file Tugas Akhir, LKP, Skripsi dan Tesis sobat, pastikan file nya sudah lengkap artinya file skripsi yang akan sobat Upload Wajib Harus sama dengan yang sudah sobat cetak (yang sudah dibukukan). pada tahap convert file word ke PDF pastikan diakhir halam file word sobat tidak memiliki halaman yang kosong karena pihak pustaka tidak menerima file skripsi yang sobat upload yang memiliki halam yang kosong diantara halaman yang lain, kemudian file yang sobat upload juga harus memiliki page number yang sesuai dengan di daftar ISI.
sobat bisa mengconvert file Skripsi (Word) dengan cara mengunakan beberapa software seperti Nitro, Infix PDF ataupun sobat bisa mengconver secara onlie. jikalau sobat menggunakan Office word 2010 ke atas, sobat tidak membutuhkan software pembantu seperti Nitro,

pasti penasarankan gimana cara convert File word ke PDF menggunakan Microsoft Office Word 2010..? begina caranya:
  • Buka File Skripsi sobat (Word) Pilih -> FILE -> Save As
  • Pilih Save As Type "PDF" kemudian "Save" (untuk lebih jelas bisa sobat lihat pada gambar dibawa ini)
mudahkan cara convert dari office Word Ke PDF, ..? bagi yang menggunakan Microsoft office 2007 kebawah, sobat harus menggunaka software pembantu yaitu  Microsoft Office Add-in atau Microsoft Save as PDF or XPS, bisa sobat donwload langsung di website resmi microsof (https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=7). Jika sudah sobat donwnload, kemudian sobat install seperti biasa. sekarang sobat bisa mengggunakan office 2007 sobat untuk mengkonvert file word ke PDF.(caranya sama seperti office 2010 keatas)
atau sobat bisa meng- convert secara online di (https://smallpdf.com/word-to-pdf) 
Seteleh proses convert ke PDF selesai, kemudian sobat Rename dan sobat urutkan file PDF tersebut seperti Di DAFTAR ISI sobat masing2, jika file sudah sobat urutkan sebelumnya mealui Office maka pastikan File yang sobat convert tersebut sama seperti yang sudah di cetak 
Selanjutnya sobat hanya perlu menggabungkan file PDF tersebut menjadi satu file tunggal PDF, bingungkan caranya gimana,?, langkah pertama: sobat bisa menggunakan Nitro PDF, karena software yang satu ini sudah umum ditelinga kita, jadi sudah pada tau bagaimana cara menggabung banyak file PDF menjadi satu file tunggal, langkah kedua: kita bisa menggunakan PDF combine sobat bisa mendonwload di postingan saya sebelumnya.

setelah semua langkah diatas selsesai, maka sekarang sobat bisa mengupload file tugas akhir (format PDF) sobat ke Potal ETD/UILIS unsyiah.  berikut langkah nya:
buka Browser sobat dan masukkan website UILIS unsyiah (http://etd.unsyiah.ac.id/) atau Cukup sobat ketik UILIS saja.
  • Kemudian Register (http://etd.unsyiah.ac.id/registrasi.php)
  • kemudian Sobat Isi semua Form di halaman registernya seperti gambar dibawah ini
  • seteleh selesai, maka login kembali dengan NIM dan pasword yang sama saat mendaftar.
  • setelah Sobat berhasil Login maka pilih "Karya Ilmiah" Kemudian Pilih "Upload Karya Ilmiah" lebih jelasnya bisa sobat liat pada gambar dibawah ini:
 
pada pilihan publikasinya, sobat pilih sesuai pilihan pada surat pernyataan publikasi/embargo, pada pilihan ini sobat memiliki 3 pilihan:
  • Publikasi penuh (setelah sobat upload tugas akhir sobat, maka secara otomatis skripsi atau tesis sobat akan secara penuh dapat dilihat dan diakses oleh orang lain) 
  • Publikasi Parsial (artinya pihak pustaka akan mempublish tugas akhir sobat hanya bagian tertentu seperti : cover, lembar pengesahan, abstrak, daftar isi, bab I dan Bab V )
  • Penundaan Publikasi (sobat bisa menundapublikasi tugas akhir sobat dengan batas waktu tidak terhingga, apakah 5 thn,  atau bahkan 100 tahun)
isikan Judul dan abstrak  tugas akhir sobat pada kotak yang sudah disediakan, kemudian lampirkan surat pernyataan, pada pilihan "lampirkan File" Lalu Pilih "Browse" kemudian cari File Skripsi Yang sudah sobat PDF kan tadi lalu "unggah sekarang" tunggu sampai proses upload nya selesai. langkah terakhir adalah " simpan" 
setelah  siap sobat simpan kemudian jangan lupa "Cetak surat bebas Pustaka" donwload dan Print
sekarang sobat sudah berhasil nge-upload Tugas Akhir, LKP, Skripsi, Tesis dan disertasi Ke Pustaka Online Unsyiah/ ETD. jika kesulitan pada tahap convert Word To PDF atau pada tahap Mengkombine file PDF menjadi satu file Tunggal, boleh sobat cari di artikel yang lain yang menjelaskan tentang hal yang sama.
jadi begitulah kira2 cara singkat bagaimana cara Upload Cara upload Tugas Akhir, LKP, Skripsi Tesis Ke Portal ETD (Pustaka Online) unsyiah, jika sobat kurang memahami tentang tutorial diatas, alangkah baiknya menanyakan langsung ke pihak perpustakaan unsyiah.
sekian dari saya, semoga bermanfaat bagi sobat semua yang lagi gundah tentang tatacara upload tugas akahir ke portal ETD unsyiah.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara upload Tugas Akhir, LKP, Skripsi dan Tesis Ke Portal ETD (Pustaka Online) unsyiah"