Cara Upload Skripsi Ke Portal UIN Ar-raniry

salam buat sobat pembaca semua, dipostingan sebelumnya saya sudah menulis tentang tata cara meng upload LKP/Skripsi/Tesis Ke ETD Unsyiah,, jadi biar adil,, pada postingan kali ini saya akan membahas langkah2 cara upload skripsi ke portal UIN Ar-raniry. kaloe saudara/sobat masih merasa masih bingung atau kurang mengerti boleh ditanyakan langsung ke pihak UPT UIN Ar-raniry. namu,,, sebelum sobat bertanya ke pihak Pustaka,,, apa salah nya mencoba langkah dibawah ini.

nah,,,,
Untuk langkah Pertamanya:
buka Browser sobat dan ketik "https://repository.ar-raniry.ac.id"  lalu Klik "Create Account" pada sudut kiri atas, akan tampil halaman login seperti dibawa.

kemudian isikan semua form pengisian. Bagi sobat yang belum memiliki email resmi dari UIN Ar-Raniry bisa mendaftar di :https://goo.gl/AHMwkv 

Kemudian klik "Register" 
selanjutnya : Sobat klik di email sobat yang terlihat di halaman untuk mengaktifkan. Setelah sobat klik di email, sobat akan redirect ke email sobat dan akan tampil halaman seperti berikut (tergantung mail service sobat). 

Klik active your password untuk mengaktifkan password sobat. Setelah sobat aktifkan password, sobat sudah dapat menglogin. Jika sobat klik di here, maka akan di alihkan ke halamn repository. 


Langkah Kedua:
"login" isikan "username" dan "password"
lalu pilih "Manage Deposits"
Pada halaman ini terlihat ada 18 jenis (item type) dokumen yang dapat dipilih untuk disimpan di dalam repository. Masing-masing jenis diberikan deskripsi ringkas untuk membantu sobat memilih jenis Tugas Akhir. misalnya : Karya ilmiah Tugas Akhir, KKU, Skripsi, Tesis, dan Disertasi, berada dalam jenis item Thesis. Pilihlah jenis dokumen yang sesuai. Kemudian klik Next. 

langkah ketiga:
Mengupload Dokumen dan Mengisi Detail 
Setelah sobat memilih jenis dokumen di atas, pada halaman ini sobat akan mengupload dokumen yang akan disimpan di repository. Klik "Browse", untuk mencari dokumen di komputer atau di media mana sobat simpann. Kemudian klik "file" lalu enter untuk Upload (sebelum di upload pastikan file nya apakah sudah dalam bentuk PDF full text) lalu Klik "Show Option", maka akan tampil halaman seperti berikut: 

Pada halaman ini terdapat pilihan dan isian sebagi berikut:

  1. Content: Klik di Content akan muncul UNSPECIFIED, Draft Version, Submitted Version, Accepted Version, Published Version, Updated Version, Supplemental Material, Presentation, Cover Image, Additional Metadata, Bibliography, dan Other adalah pilihan kondisi file yang akan diupload. Pilih yang sesuai dengan dokumen yang sobat upload. 
  2. Type: Merupakan jenis file yang akan diupload jika dokumen biasanya berupa format PDF, DOC, PPT, XLS dan lain-lain. Apabila dalam bentuk image biasanya berupa JPG, GIF, PNG, Audio, dan video berupa Mp3, WAV, AVI, MPG dan lain-lain. 
  3. Description: Merupakan penjelasan singkat mengenai file yang akan diupload. Buat deskripsi yang singkat, padat, dan akurat. 
  4. Visible to: Hak akses file yang akan diupload. Di sini sobat harus menentukan siapa yang berhak akses file. Ada tiga pilihan hak, yaitu: Anyone, Registered Users Only, dan Repository Staff Only. 
  5. License: Merupakan lisensi dari file tersebut. Secara umum biasanya memiliki lisensi Creative Commons Attribution; yang pada prinsipnya penulis memberi izin orang hak untuk berbagi, memanfaatkan sebuah karya yang telah dia ciptakan. Klik untuk baca rinci https://creativecommons.org/licenses/. Sobat boleh mengosongkan atau biarkan UNSPECIFIED kecuali sobat memang menentukan lain. 
  6. Embargo expire date: Ini untuk menentukan kadaluarsa pembatasan. Boleh dikosongkan, kecuali memang file sobat tentukan tahun, bulan, dan tanggal berlaku file. Setelah tahun, bulan, dan tanggal tersebut file akan kadaluarsa atau UPT Perpustakaan dapat menghapusnya.
  7. Language: Klik di tanda panah (arrow key) untuk memilih bahasa yang sesuai dengan bahasa dokumen yang diupload (pilih bahasa yg sesuai dengan isi skripsi sobat)
langkah selanjutnya:
Setelah semuaterisi, lalu klik "Update Metadata", maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Lalu klik "Next", akan tampil halaman yang relatif panjang karena diminta sobat untuk mengisi Details identitas dokumen (file) yang sobat upload. pada tahap ini sobat diminta untuk mengisi semua kotak permintaan misalnya:

Title: diisi judul karya ilmiah atau dokumen (hanya huruf awal kata yang besar/capital)
Abstract: diisi dengan abstract karya ilmiah tersebut; maksimal 150 kata.
Creator: ------------
Family Name : Tulis nama lengkap Sobat.
Given Name/Initials : (dosen mengisi dengan nomor NIDN. Sementara untuk mahasiswa mengisi dengan NIM.)
Emails : dosen wajib menulis email resmi UIN Ar-Raniry. Mahasiswa menulis email personal. (akun gmail pun boleh)
Corporate Creators: Boleh dikosongkan
Contributors: Boleh dikosongkan
Divisions: klik unit kerja yang sesuai dengan sobat.
Publication Details (Pada bagian ini, yang harus diisi adalah yang bertanda bintang (*) klo tidak diisi berarti tidak bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. (Isi semua data yang sesuai) 

Selanjutnya, klik "Next" seperti gambar dibawah

Melengkapi Data Subjek Dokumen. Setelah dokumen berhasil diupload, sobat harus memilih subjek yang sesuai dengan dokumen tersebut. Klik Add sesuai dengan kategori artikel sobat. Sobat dapat memilih lebih dari 1 subjek untuk kategorisasinya yang disesuaikan dengan isi atau pembahasan di artikel atau file yang sobat upload. Selanjutnya, klik Next, dan tampilan yang akan muncul adalah seperti berikut:



Deposit Dokumen. Setelah semuanya lengkap, maka langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah menyimpan dokumen (Save for Later) yang telah diupload ke repository tadi.
Klik  "Deposit Item Now", kemudian klik "Next" 


selesai sudah.... cara upload skripsi ke portal UIN ar-raniry.


File sobat telah terupload. Namun file sobat belum tersimpan di repository. File tersebut harus direview oleh Editor dan Administratorsehingga semua informasi yang diminta (yang sobat masukkan) sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Rektor dan Repository Policy. Berikut contoh halaman review dari file yang sobat upload.
selanjutnya tugas Editor atau Administrator mereview dan jika sudah sesuai, maka langsung di move to repository file yang sudah sobat upload tadi.

sekian,,,, jika ada yang bingung harap ditanyakan ke pihak PUSTAKA... 
semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Upload Skripsi Ke Portal UIN Ar-raniry"