Cara mengatasi Gagal Booting Karena HDD pasword is Frozen

sebenarnya masalah yang saya hadapi ini adalah yang terpahit saat mencoba melakukan install ulang Windows 10 pada laptop Merek Acer Aspire V-3, karena sebelum saya install ulang kondisi windowsnya tidak normal dan macet pada keybord-nya, saya pikir dengan menginstall ulang akan kembali normal, jadi kemaren,,, saya coba untuk mrnginstal ulang seperti biasa,, sya sediain windowsnya, terus melakukan setting Biosnya secara biasa saya lakukan, kemudian saya restar, terus saat mucul kata2 "Press any key" saya tekan sembarangan tombol, nah,,, disaat windowsnya Loading tahap pertama baru tampil pesan administrator dalam CMD, pada saat itu saya pikir kerusakan CD windowsnya,, selanjutnya saya tes booting menggunakan Windows 7 menggunakan CD/DVD akan tetapi pesan yang tampil tetap sama, karena dibuat bingung,,, selanjutnya saya booting menggunakan Flashdisk tapi bernasib sama, pada tahap selanjutnya saya cek satu persatu di settingan BIOS-nya, rupanya sama menemukan masalahnya yaitu saya menemukan HDD password is frozen "artinya passwor hardisk-nya dibekukan" karna tidak pernah mengalami hal seperti ini, kemudian saya mencoba mencari solusi di mbah google,, ternyata permasalahan yang saya hadapi sudah banyak terjadi,  kemudian saya mencoba cara di situs Forum-poin seperti dibawah ini:

1. Masuk ke BIOS
2. Buat supervisor password. Save & restart
3. Masuk lagi ke BIOS, hapus supervisor password yang dibuat tadi, lalu Save > Exit
4. Matiin laptopnya
5. Nyalain lagi laptopnya
6. Masuk ke BIOS lagi, hapus HDD Password-nya 

dari cara diatas, HDD Password-nya cuma hilang sesaat dan tidak secara permanen, kemudian sya telpon si pemilik Laptop, saya ceritakan masalahnya, saya meminta membongkar dan dia menyetujuinya.
sya bongkar tu laptop kemmudian saya cabut baterai CMOS-nya, satu menit kemudian saya tancapkan kembali, cara ini berhasil, akan tetapi HDD Password-nya yang dibekukan tetap tidak hilang secara permanen, setidaknya cara dengan mencabut baterai CMOS nya dapat memberi kesempatan bagi saya untuk melakukan install ulang Windows 10 nya, setelah proses instaal complete,,, kita akan menghadapi keybord yang macet,, kemudian saya instaal semua driver nya dengan lengkap al-hasil keybord normal.

untuk masalah Password HDD -nya mengapa dibekukan..? saya tidak mengerti kenapa dan belum mengetahuinya,,, setau saya Laptop yang saya install ini  sebelumnya Format HDD nya GPT dengan Format bios UEFI kemudian di UBAH format HDD-nya menjadi MB,
bagi temen2 yang pernah mengalami gagal booting karena Password Hardisknya dibekukan mungken menemukan cara yang berbeda dalam mengatasinya, terkadang berhasil diatasi terkadang tidak...
begitulah pengalaman pahit yang saya alami saat mengatasi pembekuan pasword hardisk,
semoga tips sikat ini bisa bermanfaat bagi teman semua....

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara mengatasi Gagal Booting Karena HDD pasword is Frozen "