Cara mudah mengcopy text (tulisan) yang ada pada gambar tanpa harus mengetik ulang

Terkadang kita dibuat bingung dengan tugas kampus yang menumpuk dan harus mencari buku referensi yang begitu lumayan banyak baik secara offline dengan mengunjungi perpustakaan ataupun dengan online dengan cara mencarin referensi melalui google book. Apalagi tugas review book/ review jurnal yang diberikan dosen kepada kita sebagai tugas home work yang hanya diberikan waktu untuk menyelesaikannya dalam kurun waktu yang begitu singkat, nah pada kondisi seperti ini kita harus menggunakan otak intel kita terhadap teknologi yang ada disekitar kita yaitu smartphone dan laptopyang akan menjadi teman setia dalam menyelesaikan tugas kampus yang diberikan dosen sebagai tugas Home work.

Sesuai dengan topik pembasan kita ada postingan kali ini, saya ingin membahas sedikit trik tentang bagaimana cara mengambil text (tulisan) yang ada pada gambar (jpg, jpeg, png) tanpa harus mengetik ulang disini saya mengambil sample gambar dari buku yang saya scan. Tapi jika sobat dirumah memiliki printer scanner atupun scanner yang sejenisnya maka trik ini tdak perlu, mengapa demikian, karena disetiap scanner terdapat tools utama yang bisa mengubah hasil scan menjadi text langsung yang bisa diedit, jika sobat tidak memiliki scanner sendiri maka trik ini harus sobat coba dan harus sobat mengerti.


Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
  • Buka Microsoft OneNote yang ada pada laptop sobat
  • Kemudian pilih insert =>  Picture =>  From file => brows
  • Cari File jpg/jpeg yang ingin kita convert menjadi text
  • Lalu Klick kanan pada gambar yang sobat insert tadi lalu copy textnya seperti pada gambar dibawah ini
 
  • Langkah selanjutnya adalah pastekan text yang sobat copy dari onenote ke notepad ataupun ke microsoft office langsung 
Begitulah trick singkat dan mudah untuk menelesaikan semua tugas kampus dalam waktu yang singkat tanpa harus mengetik semua isi buku tapi cukup sobat foto lembaran mana yang kira-kira sesuai dengan judul pembahasan dalam tugas yang diberikan oleh dosen, trik ini juga dapat membantu sobat dalam menyelesaikan tugas akhir/skripsi bahkan disertasi sekaligus.akan tetapi ada text yang tidak terdeteksi secara beraturan seperti aslinya alias ada kata-kata yang harus kita edit lagi setelah kita convert dari onenote. Setidaknya dengan cara diatas dapat membantu sobat dan memangkas waktu sobat dalam mengerjakan tugas-tugas kampus sobat.

sekian trick singkat dari saya semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua dalam mengerjakan tugas kampus yang diberikan oleh dosen. trick diatas mudah dimengrti dan dipahami dan semua langkah diatas sesuai dengan pengalaman pribadi penulis.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara mudah mengcopy text (tulisan) yang ada pada gambar tanpa harus mengetik ulang"